Beasiswa Studi Jepang Program S1

Beasiswa Studi Jepang Program S1

Beasiswa Pemerintah Jepang lainnya yang sedang dibuka adalah Program Japanese Studies 2015. Yakni beasiswa studi Jepang yang dirancang khusus bagi mahasiswa/i yang sedang kuliah di jurusan Jepang program S1. Beasiswa ini dimaksudkan agar para penerimanya bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang serta memperdalam pengertian tentang kebudayan Jepang. Seperti halnya beasiswa pelatihan guru, beasiswa studi Jepang ini merupakan program non gelar dengan durasi 1 tahun yang dimulai Oktober 2015.

Manfaat yang diperoleh selain tidak perlu ikatan dinas, juga disediakan tiket kelas ekonomi p.p Indonesia (Jakarta) – Jepang(Tokyo/Osaka),  Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar, tunjangan hidup sebesar ¥ 117.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang , serta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.

Persyaratan Beasiswa Studi Jepang:
1. Mahasiswa yang masih aktif kuliah di salah satu perguruan tinggi program S1, yang mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Jepang
2. Usia di bawah 30 tahun pada tanggal 1 April 2015.
3. Mahasiswa dari tingkat tiga (atau semester enam) ke atas pada waktu melamar (ada pengecualian bagi mereka yang mempunyai kemampuan berbahasa Jepang yang baik dan direkomendasikan khusus oleh perguruan tinggi dan yang sudah belajar lebih dari satu tahun di perguruan tinggi pada tanggal 1 April 2015 boleh ikut walaupun belum mencapai tingkat tiga).
4. Direkomendasikan oleh Universitas, berdasarkan seleksi internal di Universitas masing-masing.
5. Sehat jasmani dan rohani.

Dokumen Beasiswa Studi Jepang:
1. Surat pengantar dari Universitas yang berisi daftar siswa yang direkomendasikan oleh universitas.(surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris)
2. Formulir aplikasi, diisi dalam bahasa Jepang/Inggris. (Unduh)
3. Pasfoto (harus ditempel pada formulir, ukuran foto lihat pada formulir aplikasi).
4. Surat keterangan dari perguruan tinggi, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir. (surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris)
5. Surat rekomendasi dari ketua jurusan atau pembimbing mengenai pribadi mahasiswa yang bersangkutan, dan harus diisi dalam bahasa Jepang/Inggris. (Unduh form)
6. Transkrip nilai mulai semester satu sampai saat ini. (dalam bahasa Inggris)
7. Fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken / JLPT, jika ada.

* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, dibuat masing-masing sebanyak 2 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4

Pendaftaran Beasiswa Studi Jepang:
1. Pendaftaran dibuka pada 8 Desember 2014 dan ditutup pada 8 Januari 2015.
2. Pelamaran dilakukan secara kolektif oleh Universitas dan dengan rekomendasi dari Universitas yang bersangkutan,bukan perorangan.
3. Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap, diserahkan/dikirim ke :Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350

Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 8 Januari 2015. Mohon tuliskan kode “Japanese Studies 2015” pada bagian kanan atas amplop.

Tahap Seleksi Beasiswa Studi Jepang:
1. Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang (www.id.emb-japan.go.jp) pada tanggal 3 Februari 2015. Bagi yang lulus seleksi berkas akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tertulis.
2. Seleksi ujian tertulis adalah ujian bahasa Jepang.
3. Bagi yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta
4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho
5. Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa.  Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2015

Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan via email: beasiswa@dj.mofa.go.jp atau kunjungi laman website Kedubes Jepang di atas

0 Response to "Beasiswa Studi Jepang Program S1"

Post a Comment